Tirta Gangga

0
200

ViralBali.com, Karangasem. TAMAN AIR : Tirta Gangga merupakan taman air dan tempat peristirahatan di era kerajaan Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.

AMLAPURA – Meskipun beberapa kawasan di Kabupaten Karangasem, belakangan ditetapkan sebagai kawasan rawan bencana terkait kembali aktifnya aktivitas vulkanik Gunug Agung, namun tidak boleh dilupakan jika kabupaten paling timur di Bali ini, memiliki potensi wisata yang sangat banyak. Salah satunya adalah objek wisata Tirta Gangga yang berlokasi di Desa Ababi, Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.

Untuk mencapai objek wisata Tirta Gangga dari Kota Denpasar, wisatawan bisa mengendarai kendaraan bermotor ke arah timur Kota Denpasar. Setelah sampai dipusat Kota Karangasem, wisatawan dengan mudah menemukan lokasi Tirta Gangga. Dari petigaan Abang, arahkan kendaraan menuju utara sekitar lima kilometer, setelah melewati Desa Padang Kerta, tepat di sebelah kiri jalan, akan ada petunjuk destinasi wisata ini.

Tirta Gangga merupakan areal kolam asri yang terletak di areal persawahan dengan tiga kolam utama.
Putri Girindra, salah seorang pengelola akomodasi wisata di kawasan Tirta Gangga mengatakan, taman air ini pada awalnya merupakan taman peristirahatan yang dibangun oleh Raja Karangasem saat itu, yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1948.

Saat itu taman air ini dibangun sebagai tempat persinggahan dan rekreasi untuk keluarga kerajaan dan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Bali. “Kemudian tidak lama setelah itu, Tirta Gangga dibuka untuk umum dan wisatawan,” jelasnya.

Sebagai tempat peristirahatan, areal Tirta Gangga seluas sekitar 1,2 hektare ini sengaja dibuat sebagai tempat yang nyaman dan sejuk. Secara umum, lanjut Putri, areal ini dibagi menjadi tiga bagian kolam utama.
Memasuki areal Tirta Gangga, wisatawan yang datang akan benar-benar diajak untuk bernostalgia ke masa lalu, karena hampir seluruh bagian kolam ini masih mempertahankan arsitektur Bali kuna.

Mulai dari bagian depan objek wisata ini, hal pertama yang akan dilihat wisatawan adalah hamparan kolam air dengan candi yang menjulang tinggi di bagian kanan.

Sumber: Kusuma Yoni/bali express

*adm01

LEAVE A REPLY

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini