Gus Muwaffiq, Tokoh Islam Pejuang Pancasila

0
742

Siapa Ahmad Muwaffiq ??
Siapakah Beliau ?

Orang biasa menyebutnya Kiai Muwaffiq, Gus Muwaffiq atau Cak Afiq. Badannya tinggi dan besar, kulitnya hitam kecoklatan, rambutnya gondrong, mirip sekali dengan bintang film hollywood, Steaven Seagal.

Beliau dulu kuliah di IAIN Jogjakarta dan menjadi aktivis pergerakan. Pernah menjadi Sekjend Mahasiswa Islam se-Asia Tenggara. Kemudian ketika Gus Dur menjadi presiden, ia menjadi asisten pribadinya. Selain selesai dalam soal agama karena alumnus pesantren, ia dikenal luas pemahaman politik dan sejarahnya. Juga, terkenal jadog atau kebal.

Konon, ketika Gus Dur akan dilengserkan pada Mei 2001, ia di depan pasukan berani mati, sendirian mengangkat mobil panser milik TNI dengan tangan kirinya. Peristiwa itu kemudian diabadikan oleh wartawan dan menadi headline di Kompas.

Beliau yang dikenal sangat dekat dengan Gus Dur, bahkan beliau menganggap Gus Dur adalah gurunya, sahabatnya.

Di satu kesempatan beliau pernah bilang,”Gus Dur itu punya setengah yang tidak dimiliki oleh generasi NU sesudahnya. Beliau dilahirkan menjadi cucu Hadratus Syeikh Hasyim Asy’ari.”

Gus Muwaffiq yang saat ini berdomisili di Yogyakarta merupakan salah satu tokoh NU yang sangat nasionalis dan Pancasilais.

Beliau selalu memperjuangkan jiwa nasionalis Pancasilanya melalui pengajian-pengajian agama beliau.

Suatu saat Bali memgundang beliau hadir ke pulau yang penuh toleransi ini.

Berikut salah satu video beliau saat mengisi pengajian. Yang berisi tentang nasionalisme.

LEAVE A REPLY

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini