Omed-omedan tradisi unik di Bali

0
289

VIRALBALI

Omed-omedan adalah Salah satu acara yang sayang untuk dilewatkan begitu saja ketika anda sedang berlibur di Bali.

Acara ini terletak di kota Denpasar, tepatnya di Banjar Kaja Sesetan, Kota Denpasar.

Dari tahun ke tahun, Banjar Kaja Sesetan selalu menggelar festival omed-omedan sehari setelah Hari Nyepi.

Tahun ini Festival Omed-omedan sudah digelar pada 18 Maret 2018 yang lalu.

“Festival Omed-omedan ini merupakan kegiatan rutin tradisi sehari setelah Nyepi atau pada saat Ngembak Geni, di Banjar Kaja Sesetan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi budaya itu dikemas lebih terarah dan diatur pihak penyelenggara sehingga menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata.

Tradisi ini masih ada kaitannya dengan ritual keagamaan Hindu di Bali.

Berlokasi di Jalan Sesetan yang menjadi salah satu jalan penting yang menghubungkan Denpasar dengan kawasan Sanur-Benoa-Nusa Dua, atau bisa juga ke kawasan Kuta, di Kabupaten Badung.

Tradisi Omed-omedan melibatkan sekaa teruna teruni (pemuda-pemudi) yang berumur 17 hingga 30 tahun dan belum menikah. Jika jumlah pasangan laki-laki dan perempuannya tidak pas, maka panitia yang juga berasal dari Banjar Kaja Sesetan, mencari-cari calon pasangannya dari rumah ke rumah.

Prosesi omed-omedan dimulai dengan persembahyangan bersama di pura banjar untuk memohon keselamatan.

Kemudian laki-laki dan perempuan akan dipisah menjadi dua kelompok yang nantinya satu per satu mereka akan di arak atau digotong kelompok masing-masing, dan kemudian akan saling merangkul hingga berciuman, setelah itu dalam beberapa detik mereka akan diguyur air saat berangkulan itu.

Suasananya menjadi sangat meriah, apalagi jika pasangan yang digotong itu terkenal di antara khalayak atau bertingkah laku yang lucu dan memancing gelak tawa. Siraman air dari ember-ember kontan membasahi mereka dan juga orang-orang yang menggotong mereka.

Tidak tertutup kemungkinan bahwa setelah pelibatan mereka dalam tradisi itu, hubungan mereka ada yang berkembang menjadi lebih serius dan berlanjut ke gerbang pernikahan.

LEAVE A REPLY

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini